Gunung Semeru ditutup untuk pendakian

Malang:Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Malang mengeluarkan larangan pendakian ke Gunung Semeru di Jawa Timur. Larangan ini dikeluarkan karena dalam sepekan terakhir ini Gunung Semeru sering mengeluarkan letusan.(tempo interaktif)

Malang:Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Malang mengeluarkan larangan pendakian ke Gunung Semeru di Jawa Timur. Larangan ini dikeluarkan karena dalam sepekan terakhir ini Gunung Semeru sering mengeluarkan letusan.

“Pendaki tak boleh naik sampai ke puncak. Cukup sampai kawasan Kalimati,” kata Kepala Sub Bagian Data Pelaporan dan Humas Balai TNBTS, Nova Elina, Selasa (13/11).

Berdasarkan laporan Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung yang diterima Balai TNBTS, saat ini Gunung Semeru sedang mengumpulkan tenaga untuk mengeluarkan gas yang tersumbat oleh magma. Akibatnya sering terjadi letusan kecil yang dalam sehari bisa mencapai 100 hingga 150 kali.

Letusan terbesar sepanjang tahun 2007 terjadi pada 31 Oktober 2007 pukul 19.31. Suara letusan terdengar hingga radius 17 kilometer dari kawah Gunung Semeru. “Setelah letusan besar, frekuensi letusan terus menurun,” ujar Nova Elina. Petugas menetapkan status Gunung Semeru dalam keadaan Waspada.

Data terakhir aktivitas Gunung Semeru yang direkam petugas Pengamat Gunung Semeru di Gunung Sawur Lumajang menunjukkan telah terjadi gempa tektonik jauh sebanyak 18 kali dan gempa tektonik lokal sebanyak 3 kali. Dalam rentang waktu Oktober, terjadi gempa letusan sebanyak 2.911 kali, gempa vulkanik dalam 6 kali, dan gempa tremor 1 kali. Temperatur kawah minimal menunjukkan angka 22-23 derajat Celcius dan maksimal 24-25 derajat Celcius.

Petugas melihat terjadinya letusan asap sebanyak 14 kali setinggi 300-800 meter dari bibir kawah. Juga terlihat bekas awan panas berguguran ke arah Kali Besuk Kobokan Lumajang dengan jarak luncur sejauh 1 kilometer dari bibir kawah.(tempo interaktif)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: