Kejari Usut Kasus Kasda

BATU- SURYA
Dugaan raibnya Rp 3,2 miliar anggaran di Kas Daerah (Kasda) Pemkot Batu mulai menjadi perhatian serius Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu. Data-data awal penyelidikan kasus yang digembar-gemborkan Wali Kota HM Khudlori ini mulai dikumpulkan seksi intelejen kejari.

Kasus raibnya dana kasda ini melengkapi pengungkapan dugaan penyelewengan dana di sejumlah unit kerja. Salah satunya dugaan mark up pembelian alat-alat berat di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batu.

Kasi Intelejen Kejari Batu Teguh Imanto SH mengaku, pihaknya sudah menerima perintah khusus dari Kajari Warih Sadono SH untuk menyelidiki dugaan raibnya anggaran kasda Rp 3,2 miliar itu. “Sebelum menerima perintah, kebetulan kami sudah mengumpulkan data-data awal terkait penyelidikan kasus dugaan raibnya anggaran kasda itu,” katanya kepada Surya, Rabu (14/11).

Ia menambahkan, dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan, pihaknya akan berkonsentrasi menyelesaikan beberapa kasus dugaan korupsi di Pemkot Batu, termasuk kasus kelebihan dana bantuan parpol (banpol) senilai ratusan juta rupiah. “Akhir tahun ini minimal sudah ada dua kasus yang naik ke tingkat penyidikan. Kalau semua data bisa diperoleh secara cepat, pertengahan tahun depan penyidikan semua kasus itu akan selesai,” tegasnya.

Sementara, ada pengakuan mengejutkan dari Kabag Keungan Drs Susetya Herawan terkait pembagian tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Bagian Keuangan dan Kasda Pemkot Batu. Menurutnya, pencatatan pembiayaan yang seharusnya menjadi tupoksi bagian keuangan, selama ini ditangani kasda.

“Data ini saya temukan saat pertama kali bertugas sebagai kabag keuangan sebulan lalu. Padahal bagian keuangan seharusnya mencatat pembiayaan termasuk belanja pegawai,” terangnya. Dengan demikian, lanjutnya, sampai saat ini catatan pembiayaan sampai saat ini tidak tercatat di bagian keuangan. (surya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: