Fusion Mobil-Mobil Kelas Satu

Satu mobil, tapi terdiri atas empat “jiwa”. Itulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan mobil besutan Muhammad Bayu, 24. Tidak tanggung-tanggung, empat “jiwa” yang ber-fusion ke dalam tubuh Toyota Corolla Altis milik Bayu adalah mobil-mobil “kelas satu”.

Mau tahu apa saja? Mobil angkatan 96 tersebut punya roh BMW Seri 5, Mitsubishi Lancer Evolution IV, Toyota Scion, dan BMW 320. BMW seri 5 mengisi roh di bemper depan. Kemudian, Mitsubishi Lancer Evolution IV pada side skirt. Toyota Scion santai menempel di buritan. Sedangkan BMW 320, kokoh berdiri di kaki-kaki depan.

Bayu mulai menerjuni dunia modifikasi pada 2003. Ketika itu, di Malang, tempat tinggalnya, sedang ramai mobil-mobil dimodifikasi. “Akhirnya aku coba untuk memodifikasi Corolla Altis milikku ini,” katanya. Karena hobi kebut-kebutan dan traveling, Bayu berusaha mengibarkan tema Street Car untuk sedan tunggangannya.

Penggarapan dimulai dari eksterior. Bagian luar dibuat cukup ekstrem, tapi tetap terkesan tegas dan bersih. Seperti sudah dijelaskan, eksterior mobil pemilik bengkel Da Body Workz, Malang ini merupakan fusion mobil-mobil “kelas satu”. “Memang sengaja dibuat seperti itu. Dengan begitu, sangat terlihat nilai seninya,” aku Bayu.

Kelar dengan penggarapan lekak-lekuk tubuh, lumuran cat pink metallic diguyurkan ke seluruh tubuh. Pengecatan merah muda hanya menyisakan kap. Sebab, Bayu berencana menyapukan warna super deep black dengan finishing glitter pada bagian itu. “Biar nggak terlalu feminim,” jelasnya. Mempermanis tampilan, tak lupa Bayu menambahkan satu set GT Wing di bagian rear.

Turun ke kaki-kaki, Bayu memilih velg replica racing diameter 18 inci. Agar lebih gagah, Bayu menggembungkan bagian fender-nya sebesar 10 sentimeter. “Pada kaki-kaki depan, aku pakai punya BMW 320. Agar tampilan mobil lebih rendah dan nyaman dikendarai,” ucap Bayu.

Nuansa racing disuguhkan di dalam. Lingkar kemudi, pedal set hingga shift knob di-branded balap. Selain itu, komponen seperti boost meter, volt meter, oil temp, tachometer, engine start, dan engine cut off juga dibubuhkan di dasbor.

Bayu juga mengobok-obok dapur pacu tunggangannya. Mesin standar Altis diubek-ubek, diberi intake dan air filter racing. Selain itu, komponen merek racing seperti busi, oil cooler, dan full press regulator ikut nyanggong di sana.

Pemilihan warna interior disesuaikan dengan eksterior. Jok, dasbor, dan door trim diberi warna pink. Untuk “hiburan”, Bayu meletakkan tata audio yang tidak bisa diremehkan. Ada head unit Sony Explode VCX 3800 single disc. Lalu, dua monitor 7 inci diletakkan pada dasbor dan bagasi.

Sebagai penyalur suara, mobil ini punya enam speaker 5 inci. Sedang suara rendah, dipercayakan pada tiga subwoofer 12 inci. Dua power amp Marriola MSW 1750 2 chanel dan MRV 4 chanel dipasang agar audio lebih “bertenaga”. “Lengkap sekali. Aku sangat puas,” ujar Bayu.(jawapos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: