RSSA Siap Lakukan Transplantasi Ginjal

MALANG – Sejak menyandang sebagai rumah sakit tipe A, Rumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) Malang terus memacu peningkatan pelayanan untuk masyarakat. Rencananya, tahun depan RSSA akan membuka penanganan operasi transplantasi ginjal bagi penderita gagal ginjal.

Menurut Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan dan Pendidikan RSSA DR dr Respati Suryanto Drajat SpOT, persiapan penanganan transplantasi ginjal terus dikebut oleh tim dokter spesialis bedah dengan dokter spesialis penyakit dalam. “Persiapan sudah dilakukan sejak tahun lalu. Pelayanan ini dibuka karena penderita gagal ginjal semakin banyak. Hal itu menjadi masalah besar bagi kami karena ruang cuci darah (hemodialisa, Red) sangat padat antrean pasien,” ujar Respati kemarin.

Menurut Respasti, dibukanya pelayanan operasi transplantasi ginjal merupakan solusi bagi penderita gagal ginjal. Memang, biaya transplantasi ginjal sangat mahal. Tapi, hal itu menjadi konsekuensi dari proses operasi dan peralatan canggih yang digunakan. “Tim dokter yang tengah mempersiapkan diri telah berkesempatan belajar ke sebuah rumah sakit di Jakarta,” katanya.

Khusus penanganan transplantasi ginjal ini, membutuhkan banyak dokter spesialis yang terlibat. Di antaranya spesialis penyakit dalam, dokter konsultan ginjal, dan dokter spesialis urology, dokter bedah vascular, dan spesialis immunologi. Khusus tim ini diketuai oleh dokter spesialis bedah urology dr Basuki Bambang Purnomo SpBU dan dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi dr Atma Gunawan SpPD (KGH).

Selain mempersiapkan sumber daya manusia, juga diperlukan alat-alat operasi khusus. Saat ini RSSA masih mengumpulkan sedikit demi sedikit peralatan operasi khusus transplantasi ginjal. “Semoga saja tahun depan persiapannya bisa tuntas dan segera direalisasikan,” ujar Respati.

Diakui Respasti, ada beberapa kendala yang dihadapi. Salah satu masalah utamanya adalah sulitnya mencari donor ginjal. Tentu saja, donor ginjal yang memberikan ginjalnya secara sukarela. Syarat-syarat penting lainnya juga harus dipenuhi. Baik pendonor ginjal maupun yang didonori ginjal harus dalam keadaan sehat. “Dua-duanya harus dioperasi secara bersamaan. Ginjal pendonor langsung dipindahkan ke ginjal penderita gagal ginjal. Praktis, ada dua tim dokter yang menangani dua pasien ini,” terangnya.

Khusus operasi transplantasi ini, demikian Respati, nantinya RSSA yang menawarkan. Bukan pasien yang mengajukan permohonan operasi. “Penanganan transplantasi ginjal ini merupakan langkah untuk menghentikan proses cuci darah. Cuci darah itu dilakukan terus sampai mati karena ginjalnya tidak berfungsi,” jelasnya.(jawapos)

10 Tanggapan

  1. apakah sekarang RSAA sudah dapat transplantasi ginjal?
    bagaimana prosesnya?
    berapa biayanya?
    om saya berencana utk transplantasi ginjal.
    tolong segera di info ke email saya.
    please ASAP.
    thx a lot…

  2. kami mohonkan informasinya yang lebih lanjut tentang transplantasi ginjal di RSSA. kami membutuhkan info secepatnya ke email saya…

  3. adakah keluarga yang sedang membutuhkan donor ginjal?kalo ada mohon hubungi di nomor 03416204532 atas nama Putri. Thanx B4!

  4. Saya pria 35 ahun golongan darah A berniat untuk mendonorkan ginjal hub 085222913777 atau e-mail dang_yudi74@yahooo.com

  5. RSSA & siapa saja yang membthkan ginjal saya, mohon hubungi 081585518946 segera. Saya siap untuk melakukannya. Thanks.

  6. saya pria berusia 26 tahun gol darah AB,sehat jasmani dan rohani ingin mendonorkan ginjal saya untuk siapa saja yg membutuhkan transfusi ginjal,karena saya sangat-sangat membutuhkan uang untuk orang tua saya,hub.saya di email nuke_child@yahoo.com,terima kasih

  7. kepada RSSA or klrg yg membutuhkan donor ginjal mohon hub sy, saya siap mendonorkan ginjal saya. gol darah saya B positif, usia 30th.

  8. Nama saya Nita usia 37 tahun saya bermaksud untuk memberikan satu ginjal saya kepada yang sangat membutuhkannya . Tolong E-mail kesaya jika memang ada yang membutuhkan .

  9. saya membutuhkan donor ginjal golongan darah “A”

    Apabila ada yang berminat tolong segera hubungi saya, no.telpon: 02196875792

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

