Rest Area Ditarget Akhir Tahun

MALANG – Dinas Perhubungan dan Pariwisata (Dishubpar) Kabupaten Malang berharap pembangunan rest area (tempat peristirahatan sementara) bagi pengunjung wisata Gunung Bromo di Gubuk Klakah, Poncokusumo, bisa selesai tahun ini. Ini diharapkan agar 2008 nanti keberadaan rest area sudah bisa dimanfaatkan bagi wisatawan yang ingin ke Bromo melewati wilayah Kabupaten Malang.

Kadishubpar Kabupaten Malang Purnadi mengatakan, dengan difungsikannya rest area memiliki dampak positif pada sektor perekonomian masyarakat sekitar. Seperti adanya lapangan kerja baru, mulai petugas parkir hingga berjualan di lokasi rest area. “Tidak cukup itu, keberadaan rest area sebagai bukti keseriusan pemkab dalam menciptakan Poncokusumo sebagai kota agropolitan,” ujar Purnadi, ketika dikonfirmasi kemarin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov Jatim mengalokasikan anggaran sebesar Rp 200 juta. Anggaran tersebut digunakan untuk mendirikan bangunan fisik rest area di atas lahan seluas 6.000 meter persegi. Pendirian rest area dilakukan dengan tujuan memfasilitasi wisatawan yang ingin ke Bromo yang lewat kabupaten.

Purnadi mengatakan, rest area didesain seperti seperti sebuah pendapa. Di sekitarnya terdapat tempat untuk makan dan minum sambil menikmati pemandangan alam yang ada di Kawasan Poncokusumo. Sehingga wisatawan yang singgah merasa nyaman.

Sementara itu, anggota komisi B DPRD Kabupaten Malang Imam Safii merespons positif keinginan Dishubpar agar rest area bisa diselesaikan akhir tahun ini. Akan tetapi yang terpenting, konsep dan desain rest area harus direncanakan secara matang dan mempunyai daya tarik bagi wisatawan. Ini dilakukan agar keberadaan rest area ini tidak sia-sia. Sebab, selama ini banyak proyek wisata pemkab yang tidak maksimal karena pekerjaannya tidak direncanakan secara matang. “Kasus seperti ini jangan sampai terulang. Sebab ini merugikan pemkab,” tegas anggota PKS kabupaten ini.(jawapos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: