Antre Panjang di Simpang Blimbing

MALANG – Kemacetan lalu lintas di depan kantor Dinas Perizinan Kota Malang Jl A. Yani pada jam sibuk sudah cukup memprihatinkan. Antrean cukup panjang kendaraan bermotor dari semua arah kerap terjadi ketika jam berangkat dan pulang kantor.

Contohnya pantauan Radar pada pukul 11.20 kemarin. Panjang antrean dari arah selatan mencapai titik pertigaan Jl Borobudur yang panjangnya mencapai sekitar 50 meter. Demikian juga dari arah utara. Antrean hingga depan kantor Disperindag Kota Malang, sekitar 50 meter. Kondisi yang sama juga terlihat untuk ruas simpang tiga Jl Borobudur. Ke arah barat, antrean hingga depan Pasar Blimbing yang berjarak sekitar 100 meter. Penumpukan kendaraan juga terlihat di simpang tiga Dinas Perizinan dari arah timur (Jl LA Sucipto).

Kasat Lantas Polresta Malang AKP Sonny Irawan membenarkan soal padatnya kendaraan di jalur tersebut. Kepadatan itu, menurut Sonny, makin terlihat setelah dioperasionalkannya flyover Jl A. Yani Utara. “Kendaraan dari arah utara bisa masuk bebas ke selatan setelah ada flyover. Dampaknya, penumpukan arus terjadi di simpang tiga PDAM Lama (Dinas Perizinan, Red),” kata dia.

Melihat kondisi tersebut, satlantas telah mencari solusi untuk mengurangi kepadatan arus dua pertigaan tersebut (pertigaan Jl Borobudur dan pertigaan Dinas Perizinan). Caranya adalah memberlakukan rekayasa terbatas lalu lintas. Yakni melakukan sistem buka tutup arus masuk kota di flyover dan memberikan kewenangan diskresi bagi personel ketika bertugas. Wujud diskresi ini diterapkan ketika mengabaikan traffic light dan memberlakukan sistem buka tutup arus dari semua arah. Satlantas juga akan memperbanyak penempatan personil di jam-jam sibuk di dua titik persimpangan tersebut.

Penanganan kemacetan, lanjut Sonny, sudah menjadi kajian polisi dengan sejumlah praktisi pendidikan di bidang transportasi. Secara umum, kepadatan arus di Kota Malang ada empat titik. Selain dua persimpangan di kawasan Blimbing itu, juga ada di simpang tiga Dinoyo (Jl MT Haryono dan Jl Gajayana) dan simpang empat Unibraw (Jl Veteran, Jl Sumbersari, Jl Bendungan Sutami, dan Jl Bendungan Sigura-gura). (jawa pos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: