Usia Pemilih 1.043 Tahun

BATU – Problem DPT (daftar pemilih tetap) di wilayah Kota Batu tak kunjung tuntas. Bahkan, setelah diperbaiki dengan menghapus DPT ganda, masih saja muncul persoalan DPT. Baik terkait pemilih ganda, pemilih di bawah umur, pemilih meninggal dunia, maupun pemilih tanpa kejelasan indentitas. Jumlahnya ratusan.

Padahal, sebelumnya KPUD Batu juga telah merevisi DPT sehingga terjadi penurunan jumlah pemilih sebanyak 411 orang. Yakni, dari 142.458 pemilih menjadi 142.047. Temuan itu sebagaimana ditemukan Partai Patriot Kota Batu yang sudah dikoordinasikan dengan KPUD.

‘Data masih banyak yang kacau. Untuk itu, kami meminta KPUD memperbaiki sebelum pemilihan dilaksanakan,’ kata Endro Wahyu, Plt ketua DPC Partai Patriot Kota Batu, siang kemarin.

Endro lantas menyebutkan, kekacauan itu banyak terjadi pada banyak hal. Baik itu kesamaan NIK (nomor induk kependudukan) dengan nama, usia, dan alamat. Ada juga yang namanya sama, usia sama, alamat sama, tapi NIK berbeda. Selain itu, ada temuan pemilih di bawah umur. Yang lucu, ditemukan pemilih berusia 109, 205, dan 1.043 tahun. Kesamaan NIK itu sebagian besar muncul dengan tambahan T di belakang nomor NIK.

Bahkan, cukup banyak DPT yang tidak memiliki NIK. Seperti halnya di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, dengan jumlah 12 TPS, ditemukan sepuluh TPS dengan pemilih tanpa NIK. “Ada yang sampai berjumlah 52 pemilih di RT 5/RW 3,” ungkap Endro.

Kayat Haryanto, ketua PAC Partai Patriot Junrejo, menambahkan bahwa DPT bermasalah itu ditemukan setelah diteliti ulang atas data DPT pembaruan yang diterima KPU Batu. Begitu menerima data DPT pembaruan, pihaknya langsung melakukan cross check. Ternyata masih ditemukan banyak kesalahan. ‘Potensi penggelembungan angka dari keruwetan DPT ini masih tinggi,’ kata dia.

Seperti diberitakan, jumlah pemilih di Kota Batu menurun. Hal itu disebabkan adanya temuan pemilih ganda. Selain itu, masih banyak daftar nama yang telah terdaftar, tapi belum masuk DPT.

Ketua KPU Batu Mahfud membenarkan adanya pengaduan persoalan DPT tersebut. Dia meminta warga maupun parpol yang mengetahui adanya kesalahan tersebut untuk melaporkan kepada KPU. (yak/jpnn/end)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: