Selimut Kedamaian di Coban Talun

Coban Talun bisa menjadi salah satu rujukan kunjungan wisata di Kota Batu. Wisata alam yang terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, ini menawarkan keindahan alam yang masih alami. Tim Mlaku-Mlaku Radar Malang menikmati suasana malam hingga siang di wisata alam air terjun ini.

Gelap dan sunyi. Begitulah yang kami rasakan saat menginjakkan kaki di lokasi wisata ini pada malam hari akhir pekan lalu. Tidak ada tanda-tanda kehidupan di wisata alam yang dikelola Perum Perhutani itu.

Suara yang ada hanyalah suara hewan dan samar-samar gemericik air sungai tak jauh dari tenda yang kami dirikan. Suasana cukup hening diselimuti hawa dingin yang menusuk tulang. Sangat cocok untuk berkontemplasi.

Perbincangan hangat seputar alam dengan pengelolaannya nyaris membuat kami lupa akan perputaran waktu. Tiba-tiba saja lampu genset di beberapa sudut tenda menjadi redup. Kalah dengan pancaran cahaya mentari.

Kami memang tidak bisa secara langsung menatap terbitnya mentari. Sebab, posisi yang kami tempati berada di balik perbukitan dan rerimbunan pepohonan hutan. Mentari baru bisa disaksikan saat berada di ketinggian 45 derajat. Itu pun baru bisa dilihat dari balik ranting pohon yang diselimuti kabut.

Saat mentari mulai tampak itulah, tanda-tanda kehidupan di sekeliling Coban Talun terlihat. Bukan hanya dari nyanyian burung, tapi juga sejumlah petani yang tampak berlalu lalang menerobos rerimbunan hutan. Sebagian berjalan kaki, dan sebagian lainnya mengendarai roda dua yang dimodifikasi menjadi kendaraan gunung.

Kami pun baru menyadari telah berdiri di kawasan hutan yang dikelilingi perbukitan. Dan, perjalanan kami malam itu terasa berbeda dengan biasanya. Maklum, malam itu kami ditemani Syamsul Huda, kepala Dinas Pariwisata Kebudyaan dan Pariwisata Pemkot Batu dan Pungky Purnama, praktisi dan konsultan pariwisata sekaligus pemrakarsa Batu Tourism Board. (yak/bb/mas/war)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: