Pileg Disusupi Petaruh, Agar Menang, Bagi-bagi Uang

Batu | Surya-Tiga Calon Legislatif (caleg) dilaporkan warga Ngaglik ke Panwaslu Kota Batu. Ketiganya diduga terlibat dalam upaya pembagian uang (money politic) kepada sejumlah warga Kelurahan Ngaglik. Ketiganya antara lain Suhadi dan Didik Mahmud dari Golkar serta Sugeng Minto Basuki, Caleg PAN Kota Batu.
Laporannya ini dilayangkan warga Ngaglik ke kantor Panwaslu Kota Batu. Beberapa warga menemukan ada upaya pembagian ‘amplop’ kepada sejumlah warga agar memilih mereka saat pileg, 9 April mendatang.

“Memang benar kami menerima ada laporan dari warga Ngaglik. Dan sekarang para saksinya sedang kami mintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat kesaksian mereka,” ungkap Istamu, Ketua Panwaslu Kota Batu, Selasa (7/4).

Sementara itu, Ketua PDP Partai Golkar Kota Batu, Suhadi mengaku, money politic yang dilakukan olehnya dan kader Golkar hanya isu belaka. Tujuannya, untuk merusak citra Golkar maupun caleg Golkar di mata masyarakat. Ia menduga praktik politik uang itu sengaja dilontarkan oleh caleg dan parpol di luar Golkar.

“Wajar jika nama kami dicatut dalam pemberian uang itu, dengan harapan warga tak simpatik lagi. Banyaknya parpol dan caleg memungkinkan terjadinya sikut-sikutan itu,” bela Suhadi kepada Surya.
Sementara itu, Panwascam di tiga kecamatan di Kota Batu pun semakin memperketat pengawasan.

Sejak diberlakukannya minggu tenang, isu adanya pembagian uang kepada warga dari sejumlah caleg semakin santer. Para penyedar uang ini biasanya beroperasi mulai pukul 22.00 WIB hingga 01.00 WIB.
“Jika siang Batu kelihatan adem ayem, maka malam upaya money politic semakin menjadi-jadi. Setiap malamnya sekarang minimal kami mendapat lima kasus money politic di berbagai desa dan kelurahan. Untuk memperkecil ruang gerak para pelaku, kami pun harus bekerja laiknya detektif,” ungkap Panca Rakhmat Pamungkas, Ketua Panwascam Kecamatan Batu.

Ditambahkan, pelaku money politic ternyata tak semuanya murni dari tim sukses caleg maupun parpol. Sebagian besar justru para petaruh untuk kemenangan Caleg unggulan mereka. “Jadi kami tak hanya mengawasi para tim sukses saja sekarang tetapi juga para petaruh yang berusaha membelokkan pilihan agar mereka menang,” tandas Panca.st11

Satu Tanggapan

  1. kayak gak ada obyek taruhan yang lain aja..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: