Lebaran, Stok Darah Terancam

KEPANJEN – Stok darah PMI Kabupaten Malang terancam kosong saat Lebaran. Pasalnya, kemarin (4/9) stok darah golongan A dan O di bawah sepuluh labu. PMI tidak berani mengeluarkan darah tersebut sebelum ada donor pengganti.

Persediaan darah untuk mengantisipasi melonjaknya kebutuhan Idul Fitri sebenarnya sudah dilakukan sejak dua bulan lalu. Unit transfusi darah PMI kabupaten sudah menyiapkan minimal 20 labu. Namun, karena melonjaknya permintaan dari luar Malang Raya, persediaan darah pun semakin menipis. Terutama golongan darah A dan O.

Sejak dua bulan terakhir, permintaan darah jenis A dan O terus melonjak dari luar kabupaten. Di antaranya dari Kota Malang, Lumajang, Blitar, dan Tulungagung. “Stok memang menipis karena banyak permintaan dari luar kabupaten,” kata Kepala Bagian Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Malang Sri Hartami kemarin.

Karena tingginya permintaan dari luar wilayah, Sri pun mulai memberikan batasan. Yaitu, sebelum mengambil darah, harus disiapkan donor pengganti. Dengan demikian, persediaan darah tetap ada.

Saat ini stok darah yang masih dalam posisi aman di antaranya golongan AB dan B. Untuk darah AB dengan kapasitas 350 cc setiap labu, masih tersedia 20 labu. Sedangkan golongan darah B dengan kapasitas 350 cc per labu, masih tersedia 70 labu. “Golongan darah AB dan B masih banyak. Yang menipis O dan A,” ucap Sri.

Dengan menipisnya stok darah, Sri sudah menyiapkan sejumlah rencana agar PMI mendapatkan pasokan darah. Di antaranya membuka donor darah masal Senin (6/9) besok. Ada dua lokasi sekaligus yang akan dijadikan tempat donor darah masal. Yakni kantor Dispora Pemkab Malang dan Desa Sedayu, Kecamatan Turen.

Waktu donor darah setelah buka. Setelah berbuka puasa, warga bisa mendonorkan darahnya di dua tempat tersebut. PMI akan menampung semua darah pendonor untuk digunakan sebagai stok Lebaran. “Untuk persediaan, kami berharap masyarakat mau mendonorkan darahnya Senin,” kata Sri. (bb/yn) Radar Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: