Pembagian Raskin Kurang Adil

JUNREJO – Sistem pembagian beras untuk masyarakat miskin (raskin) dan pembagian elpiji di Desa Junrejo menjadi tema menarik pelatihan dan bimbingan teknis peningkatan mutu pelayanan publik bagi kelembagaan di Desa Junrejo, kemarin. Dalam diskusi yang menghadirkan Malang Corruption Watch (MCW) itu, para ketua RT dan RW menanyakan sejumlah kebijakan yang mereka nilai kurang tepat.

Dalam kegiatan di balai Desa Junrejo itu, Samidi, Ketua RW 4 Desa Junrejo mengeluhkan sistem pembagian raskin yang dinilai kurang adil. Karena, banyak warganya yang tidak kebagian meski sebenarnya mereka berhak menerima.”Kami sebenarnya ingin semua yang berhak bisa menerima, tetapi datanya kan sudah ditentukan,” keluh dia.

Akibat sistem pembagian yang kurang merata itu, lanjut Samidi, perangkat RT/RW sering dikira warga bertindak tidak adil.

Selain soal raskin, peserta lain juga menanyakan tentang pelaksanaan konversi minyak tanah ke elpiji yang juga masih kurang merata.

Menanggapi pertanyaan tersebut, pemateri dari MCW Lutfi J. Kurniawan mengatakan, hal semacam itu tidak hanya terjadi di Desa Junrejo. Tetapi juga terjadi di berbagai wilayah. Untuk mencari jalan keluar, pihak RT/RW harus melaporkan secara resmi ke Badan Permusyaratan Desa (BPD) dengan data-data yang rinci. Setelah itu, BPD bersama kepala desa mengirimkan data tersebut ke pemerintah kota. “Mungkin saja data yang dimiliki pemerintah kota tidak sama,” jelasnya.

Bisa jadi juga, jumlah penerima gakin sudah ditetapkan, tetapi masih banyak warga yang belum terakomodasi dalam data itu. Karena itu, pihak desa bersama BPD dan masyarakat bisa membuat kesepakatan yang isinya membagi jatah raskin kepada semua yang berhak menerima. Cara semacam ini, dinilai tidak melanggar aturan, karena sesuai dengan adat desa yang memiliki nilai kekeluargaan dan gotong royong.

Sedangkan untuk pembagian elpiji, juga demikian. Pihak RT/RW bisa melaporkan data penduduk yang belum menerima. Kemudian data itu disampaikan kepada pemkot dan Pertamina. “Yang benar itu, sebelum ada pembagian seharusnya dilakukan pengecekan data lagi,” jelas dia. (lid/nen) Radar Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: